Saturday, May 25, 2013

Permainan Tradisional Bola Bekel Semakin Langka

Hayoo masih ada yang inget gk sama permainan anak-anak zaman dulu? Kalau masih coba sebutin di antaranya apa aja yang kalian tahu. Kalau aku sih di antaranya bola Bekel dan sekarang saya akan membahasnya.

Sebelum bermain Bekel kita cukup memerlukan 2 alat yaitu bolanya dan bijinya. Bijinya biasanya terdiri dari 6-10. Selama permainan berjalan bola yang memantul 2 kali di anggap kalah, lalu apa bila salah satu biji jatuh kelantai juga di anggap kalah proses ini di sebut buang anak (biji), dan apabila tangan menyentuh biji yang lain juga di anggap kalah. Kenapa? Saya juga tidak tahu kenapa :-D

Dalam permain bola Bekel di bagi menjadi 3 set. Yaitu, Mi, Pit, dan Roh itu pada umumnya. Kalau di sekolah saya di bagi menjadi 4 set ; Mi, Pit, Roh, dan Colekan. Mi adalah mengambil biji tanpa mengubah biji tersebut sampai semua biji terambil. Setelah melalui tahap Mi, lanjut ke tahap Pit. Pit adalah mengambil biji dengan mengubah biji itu menjadi yang ada lengkungannya. Setelah Mi dan Pit lanjut ke tahap terakhir yaitu Roh. Roh adalah mengambil biji dengan mengubah bijinya sama seperti tahap pit. Tetapi, biji Roh lurus tidak melengkung seperti Pit. Kalau set Colekan sama dengan cara menggabungkan semua set yang tadi tetapi saat kita mengambil/mengubah bijinya kita harus mencolek lantai/tempat bermainnya.



Nah, gimana nih sedikit tentang artikel bola Bekel? Semoga bermanfaat ya sobat ;-)

No comments:

Post a Comment